Cara Merawat Furniture Rotan Agar Lebih Tahan Lama

Cara Merawat Furniture Rotan Agar Lebih Tahan Lama – Rotan adalah tumbuhan berjenis palma yang berasal dari Genus Calameae. Rotan berkembang memanjat yang memanfaatkan tumbuhan lain disekitarnya. Rotan tersebar banyak diseluruh dunia dari berbagai benua seperti benua Asia, Afrika dan Australia dan khususnya negara yang memiliki hutan hujan tropis.

Cara Merawat Furniture Rotan Agar Lebih Tahan Lama

 

Salah satu kegunaan rotan adalah dijadikan sebagai furniture berjenis rotan yang dapat bersaing dengan furniture kayu. Bentuk rotan  yang cukup menarik menjadikan produk furniturenya memiliki struktur rumit yang disertai dengan keunikannya. Berbicara masalah keindahan, banyak orang akan tetap menjaga, merawatnya agar keindahan yang dimaksud tersebut tidak akan sirna.

 

Benar sekali, merawat furniture rotan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri agar menjaganya tetap terlihat menarik seperti baru. Celah-celah sempit yang sulit digapai merupakan tempat dimana ada banyak debu disana. Tetapi, semua itu bukan berarti para pemiliki furniture rotan harus menyerah. Merawat dan membersihkannya adalah jalan terbaik.

 

  1. Menyingkirkan Debu di Furniture Rotan Anda

Untuk mengaplikasikan cara ini, sangat direkomendasikan untuk anda agar mencuci produk furniturenya terlebih dahulu. Gunakan ujung mesin penghisap dengan fisik berbulu untuk menjangkau debu yang ada pada celah-celah yang mungkin akan sangat sulit untuk dijangkau. Hindari pula menekan permukaan anyaman pada furniture terlalu keras agar jahitan anyaman tidak lepas atau malah anyaman bisa mendapati goresan.

 

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaat sikat gigi bekas untuk membersihkan furniture rotan tersebut. Sikat gigi memiliki ukuran fisik yang terbilang kecil dan bulu-bulu pada ujungnya. Sikat gigi ini bisa membantu dalam membersihkan celah-celah yang tidak bisa dijangkau oleh mesin penyedot debu dan akan bekerja lebih baik lagi jika ujung sikat gigi tersebut dibasahi terlebih dahulu.

 

  1. Rutinlah Merapikan Furniture dengan Gunting

Gunting? Apa yang kegunaannya dalam merawat furniture rotan? Seiring usia furniture itupun bertambah, mau tidak mau pasti akan muncul serabut-serabut rotan walau mungkin terbilang sangat sedikit. Akan tetapi, sangat tidak dianjurkan untuk menarik serabut tersebut karena bisa menimbulkan masalah yang lebih parah lagi, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan gunting untuk merapikan serabut yang mencuat tersebut.

 

  1. Mengelapnya dengan Larutan Deterjen

Taburkan deterjen atau jenis sabun cuci lainnya pada beberapa bagian di furniture rotan anda tersebut, basahi menggunakan air selang atau membasahinya dengan cara lain lalu anda bisa mengelapnya secara menyeluruh di bagian-bagian furniture tersebut. Jika furniture anda terbuat dari rotan alami, gunakan sebuah kain lembab disertai larutan deterjen untuk menggelapnya tanpa harus membasahinya. Sangat tidak disarankan menggunakan air dalam anyaman rami dan jangan lupa pula untuk menghilangkan busa yang tersisa.

 

  1. Mengeringkan setelah Membersihkannya

Setelah tahap pembersihkan furniture rotan telah selesai dilaksanakan, tahap selanjutnya adalah mengeringkannya. Anda pastikan furniture tersebut benar-benar kering namun jangan paksa untuk menjemurnya jika sinar matahari terlalu panas karena dapat menimbulkan perlekatan furniture rotan yang terlepas. Untuk mengakali hal tersebut, anda bisa menggunakan hair dryer saja atau menunggu sedikit redup panas matahari kemudian menjemurnya

 

Tapi perlu diingat pula, gunakan pemasaran hair dryer yang sedang saja, jangan terlalu panas karena dampaknya sama seperti menjemurnya saat sinar matahari sangat panas. Tidak hanya itu, furniture yang berbahan dasar rotan alami tidak disarankan jika terlalu basah dalam jangka waktu yang lama karena hal tersebut bisa berpotensi tumbuhnya jamur pada furniture anda.